You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Babakan
Desa Babakan

Kec. Ciparay, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BABAKAN KECAMATAN CIPARAY KABUPATEN BANDUNG PROVINSI JAWA BARAT.

Sosialisasi Kebijakan Persampahan Tingkat Kecamatan Ciparay Kab. Bandung

21 Maret 2019 Dibaca 466 Kali
Sosialisasi Kebijakan Persampahan Tingkat Kecamatan Ciparay Kab. Bandung

           Opini yang berkembang di masyarakat saat ini adalah bahwa sampah dianggap sebagai penyebab utama pencemaran lingkungan dan bencana. Sumber terbesar penyumbang masalah sampah adalah sampah plastik dan sampah rumah tangga.

PENGOPERASIAN PRASARANA PENANGANAN SAMPAH

          1. Pengoperasian Tong Kompos Organik untuk pengomposan sampah dapur yang berasal dari 2 sampai 3 Rumah    Tangga, menghasilkan pupuk padat dan pupuk cair

              Seperti diuraikan di atas, alat yang dibutuhkan untuk membuat pupuk organik cair adalah Tong Kompos Organik ( TKO ). TKO ini merupakan alat yang bisa digunakan untuk mengolah semua jenis sampah organik rumah tangga menjadi kompos baik dalam bentuk padat maupun cair. Jadi semua sampah yang tergolong sampah organik bisa digunakan sebagai bahan, seperti sisa sayur, buah, sisa makanan, sisa dapur, bahkan sampah organik dari kebun.

2. Pengoperasian Biodigester untuk pengolahan sampah organik, menghasilkan pupuk cair dan biogas

          Sama halnya seperti Tong Kompos Organik ( TKO ). Biogester ini merupakan alat yang bisa digunakan untuk mengolah semua jenis sampah organik rumah tangga menjadi kompos baik dalam bentuk padat maupun cair. Jadi semua sampah yang tergolong sampah organik bisa digunakan sebagai bahan, seperti sisa sayur, buah, sisa makanan, sisa dapur, bahkan sampah organik dari kebun. Sedangkan bio gas memiliki manfaat lain yang dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat yaitu :

               Dapat di jadikan bahan bakar pengganti LPG sehingga dapat mengurangi biaya pembelian gas LPG juga membantu pemerintah untuk mendapatkan sumber energi baru

3. Pengoperasian Biofori selain untuk peresapan air hujan juga untuk pengomposan sampah dedaunan, menghasilkan pupuk padat

              Biopori adalah lubang-lubang di dalam tanah yang terbentuk akibat berbagai aktifitas organisma di dalamnya, seperti cacing,perakaran tanaman, rayap dan fauna tanah lainnya. Lubang-lubang yang terbentuk akan terisi udara,  dan  akan  menjadi tempat berlalunya air di dalam tanah.

MASALAH / HAMBATAN YANG DIHADAPI DALAM PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS MASYARAKAT

  1. Tidak mudah merubah Mindset ( pola pikir ) masyarakat agar peduli terhadap lingkungannya   
  2. Sumber Daya Manusia yang kurang peduli terhadap lingkungan
  3. Lahan yang sempit untuk pengelolaan sampah

Kegiatan Sosialisasi Kebijakan Persampahan Tk. Kecamatan ini dilaksanakan di desa Babakan pada hari Kamis, 21 Maret 2019 dari mulai jam 08.00 s/d 12.00 WIB yang ditujukan kepada Rt/Rw desa Babakan, BPD, Kader, LPMD.

 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image