You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Babakan
Desa Babakan

Kec. Ciparay, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BABAKAN KECAMATAN CIPARAY KABUPATEN BANDUNG PROVINSI JAWA BARAT. SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA.

Pembukaan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Desa Babakan oleh Dinas UPT Pendidikan Kec. Cipar

11 September 2019 Dibaca 512 Kali
Babakan- Mungkin bagi sebagian orang sudah tahu apa itu PKBM, namun sebagian orang masih belum mengetahui apa itu PKBM. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau lebih disingkat dengan PKBM adalah suatu wadah berbagai kegiatan pembelajaran masyarakat diarahkan pada pemberdayaan potensi untuk menggerakkan pembangunan di bidang sosial, ekonomi, dan budaya.
 
Tujuan PKBM, memperluas kesempatan warga masyarakat, khususnya yang tidak mampu untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap mental yang diperlukan untuk mengembangkan diri dan bekerja mencari nafkah.

PKBM adalah lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang bergerak dalam bidang pendidikan. PKBM ini masih dibawah pengawasan dan bimbingan Dinas Pendidikan Nasional. PKBM ini bisa berupa tingkat dusun, desa ataupun kecamatan. 
            
Program-program yang diselenggarakan di PKBM dapat sangat beragam dan dapat juga tak terbatas, namun harus sesuai dengan kondisi, potensi dan kebutuhan masyarakat di mana PKBM itu berada atau dikatakan yang relevan, serta program-program itu harus bermakna dan bermanfaat. Seperti saat ini PKBM Zahrotul Fikri telah melakukan kerjasama dengan Pemerintah Desa Babakan dengan memfasilitasi masyarakat desa babakan yang ingin melanjutkan pendidikan sekolah melalui Pendidikan Kesetaraan yaitu : Paket A, Paket B dan Paket C.
 
  • Penjelasan singkat jenis program di atas, sebagai berikut :
  1. Pendidikan Kesetaraan Paket A adalah program pendidikan kesetaraan setingkat SD (Sekolah Dasar). Program ini ditujukan bagi yang ingin mendapatkan pendidikan setingkat SD.
  2. Paket B adalah program pendidikan kesetaraan setingkat SMP/SLTP (Sekolah Menengah/Lanjutan Tingkat Pertama).
  3. Paket C adalah program pendidikan kesetaraan setingkat SMA/SLTA (Sekolah Menengah/Lanjutan Tingkat Atas).

Senin, 9 September 2019 kemarin dilakukan pembukaan kegiatan PKBM yang resmi dibuka oleh Dinas UPT Pendidikan Kecamatan Ciparay, acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Desa Babakan, Ketua Yayasan PKBM Zahrotul Fikri, UPT Pendidikan Kec. Ciparay dan peserta PKBM desa Babakan. Acara yang di mulai pada pukul 09.00 WIB itu sekaligus pembagian ATK untuk peserta didik.

Sampai saat ini masyarakat yang sudah daftar sebanyak 32 orang, 5 orang mengikuti Paket A, 7 orang yang mengikuti Paket B, dan 20 orang mengikuti Paket C. Kami sangat berharap masih banyak lagi masyarakat desa Babakan yang ingi mengikuti kegiatan kesetaraan pendidikan yang diadakan oleh PKBM Zahrotul Fikri agar warga desa Babakan semakin maju dan berkembang baik dalam ilmu pendidikan, sosial maupun budayanya. Karena sampai saat ini masih dibuka pendaftaran untuk yang mau mengikuti pendidikan kesetaraan tersebut sebelum acara PKBM di mulai. (admin)

 
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image