You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Babakan

Kec. Ciparay, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat
Info
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA BABAKAN.

Kampanye PHBS Program Sanitasi Perdesaan Padat Karya 2020 (Sandes 2020)


Kampanye PHBS Program Sanitasi Perdesaan Padat Karya 2020 (Sandes 2020)

Pada tanggal 5 Desember 2020, telah dilaksanakan kegiatan Kampanye Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam pelaksanaan program Sanitasi Perdesaan Padat Karya Tahun Anggaran 2020 (SANDES 2020). Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna Desa Babakan yang dihadiri oleh Kelembagaan Desa Babakan, Tenaga Fasilitator Lapangan, serta sejumlah Kelompok Penerima Manfaat program SANDES ini.

Program SANDES ini telah mencapai progress 100% pada kegiatan pelaksanaan fisik dilapangan, yang mana program ini berkhusus pada pembangunan Sanitasi Bilik Toilet dan Tangki Septik Individu & komunal bagi warga desa babakan yang belum memiliki akses SPAL tersebut, kegiatan ini dilaksanakan guna mempertegas dan merubah pola hidup khususnya para penerima manfaat yang selanjutnya akan mempergunakan sarana dan prasarana sanitasi yang telah dibangunkan tersebut.

PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) adalah gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat. Seperti kita ketahui, menerapkan PHBS di kehidupan sehari hari merupakan suatu hal yang sangat penting guna menciptakan kehidupan bersih, Sehat nyaman dan berkualitas.

ecara umum, gerakan PHBS meliputi berbagai langkah untuk membiasakan diri dalam menjalani perilaku hidup sehat. PHBS mencakup beberapa indikator berikut ini:

  • Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir
  • Menggunakan toilet untuk buang air besar maupun kecil dan menjaga kebersihannya
  • Menggunakan air bersih
  • Mengonsumsi makanan sehat dan bersih, termasuk sayur dan buah-buahan
  • Menjaga kebersihan diri dengan cara mandi, memotong kuku yang panjang, dan menyikat gigi 2 kali sehari
  • Memberantas jentik nyamuk
  • Berolahraga secara rutin
  • Membuang sampah pada tempatnya
  • Menghentikan kebiasaan merokok
  • Menghindari dan tidak mengonsumsi narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (NAPZA)

Dalam tatanan rumah tangga, PHBS juga mencakup pemberian ASI eksklusif, melahirkan dengan bantuan tenaga kesehatan (bidan atau dokter), menjalani imunisasi sesuai jadwal, serta memeriksakan tumbuh kembang bayi dan anak di klinik, puskesmas, atau posyandu secara rutin hingga anak berusia 6 tahun. Menjaga kebersihan dapur juga termasuk salah satu poin penting dari PHBS.

Di samping itu, protokol kesehatan selama pandemi COVID-19, seperti memakai masker, menjaga jarak fisik minimal 1 meter, serta melakukan disinfeksi secara berkala, juga termasuk dalam PHBS.

Bagikan artikel ini:
Komentar