You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Babakan

Kec. Ciparay, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat
Info
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA BABAKAN.

Budaya Literasi dan Perpustakaan SISAKAN (Literasi Desa Babakan) Bersama KKN Uninus Desa Babakan


Budaya Literasi dan Perpustakaan SISAKAN (Literasi Desa Babakan)  Bersama KKN Uninus Desa Babakan

Tentang Literasi....

          Pada masa kanak-kanak, biasanya anak-anak tersebut senang terhadap suatu buku bacaan. Akan tetapi pada sekarang ini, anak-anak justru tidak mengenal buku 

         Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang dimaksudkan dengan literer adalah (sesuatu yang) berhubungan dengan tulis-menulis.

  • Menurut definisi UNESCO: literasi merupakan kemampuan mengidentifikasi, memahami, menafsirkan, menciptakan, mengkomunikasikan, dan kemampuan berhitung melalui materi-materi tertulis dan variannya.
  • Koiichiro Matsuura (Director-General UNESCO) menjelaskan lebih dalam bahwa literasi bukan hanya sekadar membaca dan menulis, tetapi mencakup bagaimana berkomunikasi dalam masyarakat, terkait dengan pengetahuan, bahasa, dan budaya.

             Sederet nama seperti Pramoedya, Hamka, Rendra, Ayip Rosidi, dan Marah Rusli adalah kaum intelektual yang membumikan gagasannya dengan pena. Dengan kata lain, mereka adalah tokoh intelektual yang menjadi budayawan yang dapat menggerakkan masyarakat melalui budaya literasi.

    Kondisi LITERASI di INDONESIA....

    Pada masa kanak-kanak, biasanya anak-anak tersebut senang terhadap suatu buku bacaan. Akan tetapi pada sekarang ini, anak-anak justru tidak mengenal buku.

    Hal ini menjadi masalah yang sangat besar. Karena anak-anak melupakan buku bacaan. Padahal, adanya minat baca adalah suatu hal yang dapat membuat seseorang itu mempunyai daya imajinatif yang baik. Dengan membaca buku, dapat menambah pengetahuan anak-anak dan remaja, hal itu akan sangat membantu mereka dalam menghadapi era globalisasi yang penuh dengan tantangan dan persaingan kerja.

    Dengan adanya alasan-alasan di atas, sekolah-sekolah  perlu didorong untuk melakukan tinjauan terhadap pembelajaran keterampilan literasi dalam pembelajaran bahasa, terutama aspek menulis yang diasumsikan masih kurang diperhatikan.

    maka apa yang seharusnya dilakukan ??

    Perlu adanya program di Sekolah ataupun masyarakat untuk lebih meningkatkan Budaya Literasi terutama untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan.

    MANFAAT LITERASI:

    1. Menambah perbendaharaan kata (kosa kata) seseorang.

    2. Mengoptimalkan kinerja otak karena sering digunakan untuk kegiatan membaca dan menulis.

    3. Mendapat berbagai wawasan dan informasi baru.

    4. Kemampuan interpersonal seseorang akan semakin baik.

    5. Kemampuan memahami makna suatu informasi akan semakin meningkat.

    6. Meningkatkan kemampuan verbal seseorang.

    7. Meningkatkan kemampuan analisis dan berpikir seseorang.

    8. Membantu meningkatkan daya fokus dan kemampuan konsentrasi seseorang.

    9. Meningkatkan kemampuan seseorang dalam merangkai kata yang bermakna dan menulis.

Bagikan artikel ini:
Komentar