You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Babakan
Desa Babakan

Kec. Ciparay, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BABAKAN KECAMATAN CIPARAY KABUPATEN BANDUNG PROVINSI JAWA BARAT. SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA.

Sosialisasi dan Launching Kampung Saber (Sabilulungan Bersih) Desa Babakan Kec. Ciparay

14 Juni 2019 Dibaca 476 Kali
Sosialisasi dan Launching Kampung Saber (Sabilulungan Bersih) Desa Babakan Kec. Ciparay

         Pada hari Kamis, 13 Juni 2019 telah diadakan Sosialisasi sekaligus Launching Kampung Saber Desa Babakan Kec. Ciparay KAb. Bandung. Acara tersebut di hadiri oleh Pjs. Kepala Desa Babakan Bapak Erwan Firdaus, S.Ag,  Kepala Dinas LH Bapak Asep Kusumah, Rt/Rw, Kader, Bpd dan Lain-lain.

      Desa Babakan merupakan salah satu desa yang di tunjuk oleh Kabupaten Bandung menjadi Kampung Saber (Sabilulungan Bersih), Kampung Saber ini di bangun oleh Kepala DLH Kabupaten Bandung Asep Kusumah. Beliau mengatakan, upaya mendukung program Bandung Bersih Sampah 2020, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggagas program tersebut sebagai konsep kampung Desa berkelanjutan untuk desa yang belum diintervensi program Eccovillage.

          Menurutnya, secara historis kearifan lokal masyarakat Sunda terhadap lingkungan hidup, sudah sangat baik. Melalui program tersebut, pihaknya menyasar kesiapan masyarakat untuk lebih mandiri memahami permasalahan lingkungan hidup di desanya dan mencari solusi atas permasalahan dengan melakukan pengolahan lingkungan secara konsisten dan berkelanjutan.

Lalu, Apa Maksud dan Tujuan dari Kampung Saber ini ?

      Maksud diadakannya kampung Saber ini adalah untuk membangun budaya dan perilaku ramah lingkungan berbasis Sabilulungan dari seluruh pemangku kepentingan.

      sedangkan tujuannya yaitu terciptanya kampung/desa yang masyarakatnya secara mandiri dapat memahami masalah lingkungan hidup dan mencari solusi atas permasalahan tersebut serta melakukan pengelolaan lingkungan hidup secara konsisten dan berkelanjutan.

        Kampung Saber ini pun menggunakan Metodologi Participatory Rural Approach yang dimodifikasi dengan Sekolah Lapangan dengan pendekatan andragogy.

          Sasaran/Target Kepala Desa untuk membantu melaksanakan kampung Saber ini adalah :

1. Kader (20 orang)

2. Pendamping Lokal

3. Aparat desa/kelurahan

4 BPD

5. LSM

6. Ketua RW

7. PKK

8. Pelaku usaha

9. Kelompok tani/ternak

10. Karang Taruna

11. Tokoh, dll.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image